Berita Terbaru – Salah satu merek konsumen paling populer di Amerika Serikat, Taco Bell adalah nama yang dikenal hampir setiap orang Amerika berkat strategi pemasarannya yang khas. Tahun ini, terlepas dari tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi, Taco Bell mempertahankan posisi teratasnya dalam peringkat Franchise 500 Pengusaha 2021.

Sehubungan dengan pencapaian perusahaan, kami akan meninjau lima kampanye pemasaran paling kreatif dan menarik yang telah dilakukan Taco Bell sejauh ini. Perusahaan milik Glen Bell ini memang sangat terkenal dan ungguk karena produk dan strateginya di pasar fast food. Taco Bell juga punya terobosan marketing yang cukup kontroversial. Simak apa saja teknik pemasarannya dibawah ini.

1. Bertaruh di tengah Samudra Pasifik

Pada tanggal 23 Maret 2001 silam Stasiun ruang angkasa modular Rusia Mir akan diorbitkan. Tim pemasaran Taco Bell memanfaatkan acara yang mencakup seluruh dunia dengan promosi yang sangat mengesankan. Perusahaan memasang papan target terapung raksasa ke Samudra Pasifik, di mana puing-puing Mir diperkirakan akan jatuh. Setiap orang yang ada di Amerika Serikat bisa mendapat taco Taco Bell gratis jika puing dari stasiun luar angkasa tersebut mendarat di papan target mengambang.

Tindakan tersebut memiliki risiko sangat besar untuk keuangan perusahaan. Sehingga Taco Bell memutuskan untuk membeli polis asuransi yang cukup besar. Tentu saja tujuannya untuk menutupi potensi biaya pemberian lebih dari 280 juta taco gratis. Perusahaan asuransi memperkirakan biayanya sekitar US $ 10 juta. Stasiun Mir itu akhirnya terbakar ketika memasuki atmosfer bumi. Dengan begini mengakibatkan tidak adanya puing yang mengenai target mengambang. Taco Bell memenangkan taruhan berisiko ini karena mereka mendapat liputan media global atas aksi tersebut dan meningkatkan kesadaran merek dan tentu saja meningkatkan penjualan.

2. Steal a Base, Steal a Taco

Di tahun 2007 Taco Bell membuat promo taco untuk semua orang yang terkait dengan Seri Dunia. Kesempatan ini mungkinan akan membuat Taco Bell “kalah” dan pelanggan “menang” lebih tinggi. Taco Bell mengumumkan bahwa jika pemain dari salah satu tim yang bersaing mencuri markas di Seri Dunia, semua orang di Amerika Serikat akan mendapatkan taco gratis.

Jacoby Ellsbury dari Boston Red Sox berhasil mencuri basis di Game 2 World Series 2007. Taco Bell menepati janjinya dan memberikan taco kepada pelanggan Amerika pada 30 Oktober 2007. Namun, Taco Bell tidak akan rugi. Memang saat itu tidak semua orang yang pergi ke Taco Bell meminta taco gratis. Namun perusahaan menerapkan batasan satu taco per orang dan durasi 14:00 hingga 18:00 untuk mengklaim taco gratis.

3. Perangi hoax dengan taco

Pada pertengahan 2012, hoax beredar di Bethel, Alaska, mengklaim bahwa Taco Bell akan dibuka di kota berpenduduk lebih dari 6.000 orang itu. Perusahaan mengklarifikasi bahwa ini tidak benar dan malah melakukan sesuatu yang pasti diliput oleh media nasional dan situs media sosial. Waralaba Irvine Taco Bell mengirim truk Taco Bell ke kota terpencil dengan helikopter.

Truk tersebut memiliki bahan yang cukup untuk menyiapkan hingga 10.000 porsi taco. Saat ini, belum ada rencana untuk membuka franchise Taco Bell di Bethel. Namun, tindakan yang diterima dengan baik ini pasti akan diingat oleh orang-orang di Alaska, beberapa di antaranya mengatakan ini adalah pertama kalinya mereka mencicipi taco lagi dalam beberapa dekade.

4. Hotel pop-up dengan taco gratis tanpa batas

Sebelum Covid-19 melanda, Taco Bell telah berhasil meluncurkan kampanye promosi lain yang menarik minat luas. Pada bulan Mei 2019, perusahaan ini mengeluarkan berita pembukaan hotel pop-up di Palm Spring, California. Hotel ini memiliki tema Taco Bell berperabotan lengkap yang hanya dibuka selama empat hari dengan bonus taco gratis sepuasnya untuk para tamunya. Dalam waktu kurang dari dua menit, hotel itu penuh. Tarif kamar mulai dari US $ 169 per malam. Hotel ini punya fasilitas salon serta toko suvenir yang menjual pakaian bertema Taco Bell dan masih banyak lainnya.

5. Hari April Mop Taco Liberty Bell

Sedangkan pada tahun 1996 Taco Bell mengeluarkan guyonan April Mop yang ternyata sedikit kontroversial. Akan tetapi memang hal itu layak dilakukan untuk liputan media gratis. Pada tanggal 1 April 1996, perusahaan memasang iklan di The New York Times yang dengan tegas menyatakan, “Taco Bell Membeli Liberty Bell.” Liberty Bell adalah simbol kebebasan Amerika yang terletak di Philadelphia, Pennsylvania.

Iklan tipuan tersebut mengakibatkan ribuan orang menelepon Taman Nasional di Philadelphia dan mengeluh tentang penjualan harta nasional. Taco Bell akhirnya memecahkan lelucon itu. ‘Keributan’ tersebut merupakan kemenangan bagi Taco Bell, yang pendapatannya meningkat sebesar US $ 500.000 pada hari iklan tersebut ditayangkan dan bahkan lebih tinggi sebesar US $ 600.000 pada hari berikutnya. Banyak yang menilai bahwa aksi ini merupakan pemasaran paling sukses yang pernah ada.

Leave a Comment on Mengulik Marketing Ala Taco Bell Yang Kontroversial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *